Siswa SDN Situkaum Terkendala Sarana Belajar Daring

BOGOR, INDONEWS – SDN Situkaum, Kecamatan Dramaga terletak di tengah perkampuan dan memiliki jumlah siswa 178 orang.

Dilema bagi guru, karena siswa hanya 60 persen yang notabenya punya android. Di lain sisi separuh lagi HP milik orangtuanya.

“Kalau orangtuanya kerja, tugas sekolah terbengkalai karena harus nunggu orangtua pulang kerja,” ungkap salah satu guru SDN Situkaum, Maya, Selasa (15/9/2020).

Maya menambahkan, langkah yang ditempuh untuk mengatasi belajar online yakni bekerja sama dengan komite sekolah, yaitu 1 kelas 1 komite, disamping memanfaatkan grup WhatsApp bagi siswa yang rumahnya berdekatan.

“Untuk mengatasi kejenuhan atau rasa kangen sesama siswa dan guru, kita pernah mengadakan tatap muka dengan cara berkelompok, 7 orang per kelompok dan tetap dengan protokol kesehatan. Itu 2 minggu lalu. Selanjutnya tidak diperbolehkan lagi mengingat situasi zona merah,” sambungnya.

Beruntung, Maya menambahkan, kediaman siswa SDN Situkaum jaraknya tidak begitu jauh, sehingga masih bisa ditempuh sekitar setengah jam.

“Kendalanya kami ya tidak kayak di kota, semua siswa punya android. Di sini serba pas-pasan. Ada yang punya HP, tapi belum tentu ada kuotanya,” pungkasnya. *

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook