Empat Cabor Esport Kabupaten-Kota di Jabar, Diresmikan

CIREBON, INDONEWS – Empat Pengurus cabang olahraga Esports kabupaten-kota di wilayah Cirebon resmi dilantik. Pembentukan pengurus cabang olahraga baru ini agar dapat mewadahi anak-anak muda pecinta game supaya mendapat berprestasi.

4 Pengurus cabang ESports kota-kabupaten yakni: Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majalengka,  secara resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh pengurus daerah ESports Provinsi Jawa Barat di ruang Nyi Mas Gandasari, Gedung Setda Kabupaten Cirebon, Minggu (27/9/2020) siang.

Hadir dalam pelantikan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat tersebut, Bupati Cirebon Imron, Forkopimda, Koni Kabupaten Cirebon serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon.

Ketua Pengurus Cabang Esports Kabupaten Cirebon, Eka Surya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama Bupati Cirebon, koni dan jajaran pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Cirebon yang telah mengesahkan terbentuknya cabor Esports.

Semenatara Ketua Harian Pengurus Daerah Esports Jawa Barat M. Budiana mengatakan, Esports merupakan cabang olahraga alternatif di era pandemi Covid-19,  karena dalam pelaksanaan olahraganya  tidak membutuhkan lapangan dan bertemu lawan bertanding.

“Terbentuknya pengurus Esports di daerah agar para atlet dapat terwadahi dan terus berprestasi, baik di tingkat Jawa Barat, nasional bahkan internasional,” katanya.

Pihaknya berharap, setiap pemerintah daerah kota-kabupaten di Jawa Barat dapat menyelenggarakan pertandingan agar melahirkan bibit-bibit atlet muda Esports, mengingat eksistensi tim Esports Indonesia dalam kejuaraan tingkat dunia bisa dibilang cukup membanggakan yang didalamnya ada atlet yang merupakan warga Jawa Barat.

Sementara itu, Bupati Cirebon, Imron menyambut baik terbentuknya pengurus Esports di Kabupaten Cirebon, dirinya berharap di cabang olahraga baru ini atlet yang kebanyakan dari kalangan anak muda dapat berprestasi dan membanggakan Cirebon.

Hal senada diungkapkan Ketua Umum Koni Kabupaten Cirebon, Hengky Choernia yang menyampaikan bahwa cabor Esports dapat mewadahi anak-anak muda Cirebon untuk terus berprestasi secara positif dan mematahkan anggapan negatif sebagian orang yang menyebut bermain game tidak bermanfaat.

“Saat ini terdapat hampir 60 juta pemain Esports di Indonesia, dan angka itu akan terus bertambah menjadi 100 juta pemain pada akhir 2020, serta industri game Esports telah menyumbangkan ekonomi cukup besar, yakni Rp 13 triliun rupiah pada tahun 2018,” jelasnya.

Melalui pembentukan cabang olahraga Esports di daerah, diharapkan para pengurus dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan menjadikan Esports disegani serta memberikan dampak ekonomi tanah air.

“Di Jawa Barat, saat ini sudah dikukuhkan 9 pengurus cabang kota-kabupaten, serta akan terus dikejar pembentukannya di seluruh daerah di Jawa Barat,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Esports Kabupaten Cirebon diketuai Eka Surya, Kota Cirebon diketuai Angga Fran Amigo Nugraha, Kabupaten Indramayu diketuai Abdullah Irlan  dan Kabupaten Majalengka diketuai Dadan Fauzan.

Usai pelantikan turut digelar final turnamen eksebisi Cirebon Katon Game Mobile Legends, antara tim Lag Squad dan Exev Musashi yang menjadi juara dalam even pertama dengan nilai total price Rp 3 juta rupiah tersebut yakni tim Lag Squad dari Buntet Astanajapura. *

Facebook Comments

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Facebook