BPD Wanaherang Dinilai Lalai dalam Pengawasan Panitia Pilkades

BOGOR, INDONEWS Apa tugas dan kewenangan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam pelaksanaan pemiilihan kepala desa (Pilkades)? Ini salah satu pertanyaan masyarakat yang belum tahu tugas BPD.

BPD adalah lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelengaraan pemerintah desa yang anggotanya merupakan perwakilan dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan yang ditetapkan secara musyawarah dan mufakat.

Fungsi BPD salah satunya adalah membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa dan panitia Pilkades.

Sebagai lembaga terhormat dan strategis di desa, BPD memiliki fungsi, kewenangan dan kewajiban selaku Ketua dan Anggota BPD yang besar dalam memastikan penyelengaraan pemerintah desa berjalan secara baik, akuntabel dan transparan. Serta memastikan penyelengaraan pilkades berjalan jujur, terbuka dan adil.

Secara umum tugas, wewenang dan kewajiban BPD dalam pelaksanaan pilkades dapat dijelaskan, mengawasi pengunaan anggaran biaya pilkades. Dalam hal ditemukan adanya kelambanan atau penyimpangan pelaksanaan tugas panitia pemilihan, BPD dapat memberikan masukan atau peringatan yang disampaikan dalam rapat kerja antara BPD dan panitia pilkades.

Hal terjadi di Desa Wanaherang, Kecamatan Gunungg Putri, Kabupaten Bogor. Saat ini, panitia pilkades telah melakukan pungli pada para bakal calon (balon) kepala desa, artinya telah terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan tugas panitia pilkades.

Dalam hal ini, BPD Wanaherang dinilai lalai dalam pengawasan. Dimana tugas dan fungsi lembaga tersebut mengawasi jangan sampai terjadi penyimpangan oleh panitia pilkades, namun saat ini telah terjadi, panitia pilkades memungut dana dari para balon kades.

Ketua BPD Wanaherang, Inan saat dikonfirmasi melalui WhatsApp terkait sejauh mana pengawasan serta tugas dan fungsinya selaku ketua BPD, sampai saat berita ini diturunkan tidak menjawab alias bungkam. (Firm)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook