Polda Banten Siap Siaga Menghadapi Bencana Alam

Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Banten, Irjen Pol. Drs. Fiandar

BANTEN, INDONEWS – Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Banten, Irjen Pol. Drs. Fiandar memimpin Apel Besar dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi alam. Apel dilaksanakan di lapangan Mapolda Banten, Rabu (11/11/2020).

Fiandar menjadi inspektur upacara dan diikuti oleh Gubernur Banten, PJU Polda Banten, perwakilan Korem 064 / MY, Danlanal Banten, perwakilan Yonif 320 / BP dan diikuti oleh sekitar 500 orang gabungan yang terdiri dari unsur TNI, BPBD prov Banten, Basarnas, Damkar prov Banten , Tagana, PLN dan instansi terkait lainnya.

Fiandar menyampaikan bahwa apel Kesiapsiagaan yang dilaksanakan suatu tahapan penting yang harus dilaksanakan dalam suatu proses manajerial.

“Apel kesiapsiagaan menghadapi bencana ini untuk memastikan bahwa Polri beserta seluruh Instansi yang terkait dan segenap potensi masyarakat benar-benar siap, baik dari segi kekuatan personel, kemampuan atau kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan sebelum diturunkan ke lapangan,” kata Fiandar.

Masih kata Fiandar, pada penanggulangan bencana itu merupakan tanggung jawab dan tanggung jawab seluruh komponen bangsa yang dilakukan secara gotong royong.

“Karena itu, saya berharap pelaksanaan aplikasi ini dapat menjadi momentum untuk membangun sinergi yang kokoh dan terpadu dari instansi terkait dengan seluruh komponen masyarakat dalam penanggulangan bencana alam,” tutur Fiandar.

Fiandar berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial saja, tapi tersebut dapat tercipta keluaran.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat dilakukan pengecekan terkait kesiapsiagaan personel, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh seluruh pemangku kepentingan, sehingga kesiapsiagaan penanggulangan bencana berbasis sinergi dapat terwujud dengan keluaran yaitu adanya kesiapan dari seluruh komponen dalam situasi kontinjensi bencana alam yang mungkin terjadi di provinsi Dengan demikian, keamanan dan kenyamanan serta kondusifitas benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat, “harap Fiandar.

“Mari kita tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri atau satuan dalam menghadapi kemungkinan bencana alam. Mari kita bangun Partisipasi publik dengan melakukan penyuluhan dan sosialisasi terkait pencegahan dan penanggulangan bencana kepada seluruh lapisan masyarakat. Mari kita bangun komunikasi dan sinergi dengan Instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat , tingkatkan kemampuan seluruh personel dalam menghadapi bencana alam bencana pemeliharaan serta sarana dan prasarana, “tambahnya.

Diakhir krisisnya, Fiandar mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh personel. “Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang panas kepada pemerintah daerah provinsi Banten, tidak ada TNI dan satuan terkait atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini dalam menjaga stabilitas kamtibmas di daerah hukum Polda Banten. Kami berharap jaringan koordinasi dan sinergi yang kokoh dapat dapat Terus kita pertahankan dan kita tingkatkan pada masa yang akan datang, “tutup Fiandar.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan, Polda Banten dan jajaran sudah mempersiapkan, baik itu personel maupun peralatan yang dibutuhkan bencana alam di wilayah hukum Polda Banten dan berkordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya untuk menghadapi situasi kontijensi di wilayah hukum Polda Banten .

Dalam apel tersebut juga menampakkan alat SAR dan kendaraan, seperti speedboat karet, pelampung, dayung, tali caramantel dan sejenisnya sekaligus pengecekan alat SAR dan kendaraan khusus SAR yang dimiliki oleh seluruh pemangku kepentingan yang terkait. (Perusahaan)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook