Dewan Kecewa Camat Tidak Hadir Reses, Sekcam: No Coment

BOGOR, INDONEWS – Reses anggota DPRD Dapil II digelar di aula Kecamatan Sukamakmur, Sabtu (14/11/2020). Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD atau anggota dewan turun ke dapilnya untuk bertemu konsituen, menjaring informasi dan aspirasi, menghimpun seluruhnya, kemudian disalurkan.

Suara-suara masyarakat melalui perwakilan camat dan juga kepala desa ataupun langsung dengan masyarakat yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut akan direkap dan dibuatkan laporan, kemudian diteruskan kepada pimpinan dewan.

Kemudian apa yang menjadi usulan masing-masing perwakilan desa dan kecamatan dapat disampaikan kembali kepada masing-masing kepala desa yang kemudian dibahas pada musrembang tingkat desa hingga kecamatan dan tingkat kabupaten.

Reses dewan kali ini diwarnai kekecewaan dari 6 angggota DPRD. Anggota Komisi I dari Fraksi partai Gerindra, Mohamad Ansori dalam kesempatan ini mengatakan, reses yang dilakukan saat ini untuk menjemput aspirasi masyarakat.

“Kami ingin memberikan solusi dan bukti. Kami mengadakan pertemuan reses dengan berbagai elemen masyarakt untuk menyerap aspirasi dan mengkomunikasikan apa yang telah dilakukan tindaklanjut reses sebelumnya, serta agenda strategis yang akan dilakukan kedepan,” jelasnya.

Namun sangat disayangkan dan sangat prihatin dengan keadaan reses kali ini, dimana camat dan beberapa kepala desa tidak hadir.

“Padahal Camat dan kepala desa adalah yang punya rumah. Mereka adalah yang mewakili masyarakat kecamatan dan desa-desa dalam menyampaikan aspirasi, dan menjelaskan permasalahan-pemasalahan, khususnya di Kecamatan Sukamakmur. Kalau seperti ini, seolah masyarakat Sukamakmur euweuh kahayang (tidak ada keinginan, red),” ucapnya dengan kental berbahasa Sunda.

Dengan adanya kekecewaan dan keprihatinan dari anggota dewan terhadap sikap Camat Sukamakmur, Agus dan beberapa kepala desa, di lokasi reses awak media mengkonfirmasi Sekcam Sukamakmur, M. Sobar. Dia menjelaskan bahwa hari ini ada beberapa kepala desa yang sedang ada kegiatan yang bertabrakan berkaitan dengan dinas kesehatan.

“Mereka sepertinya sedang di Hotel Sentul. Dan berkaitan dengan camat tidak bisa hadir hari ini, saya no coment, langsung saja ke pak camat,” ujarnya.

Ia juga membenarkan berkaitan dengan pengajuan proposal anggaran yang meliputi bidang apapun kepada anggota dewan memang kurang.

“Kedepannya kami akan buka ruang itu dan kami akan urai dan telusuri apa yang menjadi kendala di bawah. Terlebih saat ini Kecamatan Sukamakmur terkendala masalah insfrastruktur, sehingga banyak hal yang belum bisa maksimal,” tandasnya. (Firm)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook