Kegiatan Pembentukan Wirausaha Baru di Bidang Budidaya Ulat Jerman

PUBLIKASI KINERJA DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN BOGOR

Kepala Dinas: Zaenal Ashari, S.Sos., M.M.

BOGOR, INDONEWS – Pengembangan dibidang Ketenagakerjaan adalah merupakan upaya menyeluruh yang ditujukan pada peningkatan pembentukan dan pengembangan tenaga-tenaga yang berkualitas, produktif, efisien dan efektif agar mampu mengisi dan menciptakan peluang kerja sehingga dapat tercipta kesempatan kerja dan kesempatan berwirausaha.

Dengan demikian, titik berat pengembangan dibidang Ketenagakerjaan diletakkan pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sedangkan arah pengembangan jangka panjang diarahkan pada ketentuan ekonomi, sosial, budaya, politik dan hankam untuk pengentasan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja.

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2020, telah melaksanakan Kegiatan Pembentukan Wirausaha Baru di Bidang Budidaya Ulat Jerman sebagai sarana untuk terbukanya wirausaha baru bagi tenaga kerja di Bidang Budidaya Ulat Jerman, di Desa Banjarsari Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, pada tanggal 7 s/d 10 Oktober 2020.

Dok: Disnaker Kab. Bogor tahun 2020

Pelatihan tersebut didasarkan pada konsep pemberdayaan masyarakat, dimana keluarga yang telah mempunyai usaha industri rumah tangga diberikan penguatan mengenai penerapan teknologi tepat guna untuk bidang usaha yang selama ini telah dikembangkan oleh masyarakat. Bentuk pemberdayannya disamping memberikan pelatihan juga disampaikan mengenai pengelolaan, pemasaran dan pemberian motivasi.

Dok: Disnaker Kabupaten Bogor 2020

Pemerintah terus melakukan perluasan kesempatan kerja di dalam negeri khususnya di Kabupaten Bogor. Skema program perluasan kesempatan kerja dalam negeri ini telah dituangkan dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Yakni, “penciptaan perluasan kesempatan kerja dilakukan dengan pola pembentukan dan pembinaan tenaga kerja mandiri, penerapan sistem padat karya, penerapan teknologi tepat guna dan pemberdayaan tenaga kerja sukarela atau pola lain”.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 33 Tahun 2013 Tentang Perluasan Kesempatan Kerja pun telah mengatur hal itu. Bahwa “Program kewirausahaan dilakukan dengan pola pembentukan dan pembinaan tenaga kerja mandiri, sistem padat karya, penerapan teknologi tepat guna, pemberdayaan tenaga kerja sukarela dan/ atau pola lain”

Persoalan ketenagakerjaan sendiri sangat erat terkait persoalan kemiskinan dan pengangguran dimana perluasan kesempatan kerja merupakan salah satu upaya strategis untuk memutus rantai kemiskinan. Sehingga kita mengenal triple track strategy yaitu pro-job, pro-poor dan pro-growth, di mana pertumbuhan ekonomi diharapkan secara signifikan dapat mengimbangi pertumbuhan angkatan kerja dan mampu mengurangi kemiskinan.

Langkah penciptaan lapangan usaha atau pengembangan kewirausahaan itu sesuai dengan salah satu kebijakan Pemerintah untuk menumbuh kembangkan wirausaha baru. Hal ini sebagai upaya mendorong pertumbuhan perekonomian dan daya saing nasional dalam rangka perluasan kesempatan kerja dan pengentasan kemiskinan.

Kebijakan tersebut diarahkan kepada pembentukan wirausaha baru dan pengembangan wirausaha melalui peningkatan kualitas dan produktivitas sumber daya manusia pengelola wirausaha sehingga mampu menciptakan nilai tambah melalui proses yang kreatif, inovatif dengan prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas dan kualitas.

Wujud dari sinergitas pengembangan kewirausahaan adalah meningkatnya produktivitas dan kemandirian wirausaha baru, serta tumbuh dan berkembangnya wirausaha atau usaha ekonomi produktif di kawasan pedesaan, sehingga terciptanya lapangan pekerjaan di pedesaan.

Melalui kegiatan pembentukan Wirausaha baru ini, diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja, Pengembangan dibidang Ketenagakerjaan adalah merupakan upaya menyeluruh yang ditujukan pada peningkatan pembentukan dan pengembangan tenaga – tenaga berkualitas, produktif, efisien dan efektif agar mampu mengisi dan menciptakan peluang kerja sehingga dapat tercipta kesempatan kerja dan kesempatan berusaha. (ADV)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook