Lantik PP Ranting Kopo, Ketua MPC Ajak Kader Menjaga Ideologi Bangsa

Tarian kontemporer oleh anggota Pemuda Pancasila Desa Kopo

BOGOR, INDONEWS – Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, pelantikan pengurus Pemuda Pancasila ranting Kopo, Kecamatan Cisarua berjalan lancar di The Green Peak Hotel, Selasa (24/11/2020).

Pelantikan dilakukan langsung Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor, M. Yunus PBA. Dalam pelantikan, tersaji juga tarian kontemporer oleh anggota PP Desa Kopo sendiri.

Ketua MPC PP Kabupaten Bogor, M Yunus PBA saat memberikan sambutan Pelantikan Ranting PP Kopo Kecamatan Cisarua

“Terkait kegiatan hari ini saya sebagai Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor beserta jajaran pengurus menghadiri Rapat Pemilihan Pengurus (RPP) Ranting Desa Kopo, Kecamatan Cisarua. Kegiatan ini memang agenda kerja untuk seluruh PAC Pemuda Pancasila se Kabupaten Bogor dalam rangka memenuhi kewajibannya secara organisasi untuk membesarkan Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor sampai ke tingkat basis,” jelas Yunus, kepada Indonews.

Dikatakan, RPP ranting ini turut dihadiri Camat Cisarua, Kepala Desa Kopo dan perwakilan Polsek Kopo serta Koramil Kopo. Acara dihadiri sekitar 1000 orang anggota Pemuda Pancasila se Kabupaten Bogor.

“RPP Ranting Desa Kopo Kecamatan Cisarua ini rasanya seperti kabupaten, karena sangat mewah dan meriah. Acara diisi berbagai kesenian daerah dan marching band serta paduan suara dari Ranting Desa Kopo itu sendiri,” jelasnya.

Kawal Ideologi Bangsa

Lebih jauh Yunus menjelaskan, Pemuda Pancasila atau dikenal dengan PP merupakan sebuah organisasi paramiliter yang didirikan oleh Alm. Jenderal Besar A.H. Nasution. Berdiri pada 28 Oktober 1959, kemudian komando kepemimpinan pada tahun 1981 jatuh kepada Japto Soerjosoemarno.

“Pemuda Pancasila eksistensinya di kancah ormas Indonesia diakui. Sejarah banyak membuktikan peran-peran Pemuda Pancasila. Pemuda Pancasila kini semakin berkembang, Pemuda Pancasila telah mentransformasikan diri menjadi organisasi kemasyarakatan yang semakin disegani. Utamanya dalam etos kerja dan keteguhan komitmen mengawal kedudukan Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara,” papar dia.

Dari kanan: Ketua MPC M. Yunus PBA (mengenakan peci), Waka MPC Dodon Ketua PAC PP Cisarua Joe Salim dan para pengurus PP Cisarua.

Yunus mengatakan, seiring perjalanan sejarah bangsa Indonesia, Pancasila telah mengalami pasang surut dalam pusaran dinamika zaman, melampaui berbagai dimensi perubahan sosial, dan melewati berbagai ujian kebangsaan.

“Namun satu hal yang pasti, dalam situasi dan kondisi apa pun, Pemuda Pancasila akan selalu berdiri tegak di garda terdepan sebagai patriot pembela Pancasila,” ujarnya.

Dikatakan, konsepsi mengenai keamanan nasional telah mengalami pergeseran paradigma, di mana ancaman terhadap keamanan nasional tidak lagi bersifat kasat mata dan konvensional. Tetapi, bersifat kompleks, multidimensional, serta berdimensi ideologis.

“Ancaman yang bersifat ideologis tersebut hadir dalam beragam fenomena, antara lain berkembangnya sikap intoleransi dalam kehidupan beragama, tumbuhnya radikalisme dan terorisme, serta berbagai bentuk ancaman yang menggerus sendi-sendi persatuan dan kesatuan bangsa.”

“Melalui derasnya arus globalisasi yang menembus batas-batas teritorial, ancaman ideologis tersebut semakin terasa nyata. Nilai-nilai asing yang merasuk melalui globalisasi mulai menggeser nilai-nilai kearifan lokal kita, adab sopan santun kita, tradisi dan seni budaya kita, dan segenap nilai-nilai keindonesiaan kita,” tuturnya.

Karena itu, Yunus menegaskan bahwa ancaman ideologis tersebut tidak boleh hanya direspons dengan memperkuat kekuatan militer dan persenjataan, atau membangun benteng-benteng pertahanan fisik yang memagari wilayah Nusantara.

Solusi yang paling tepat dan rasional untuk menjawab persoalan tersebut menurut dia adalah dengan membangun benteng ideologi. Selain itu, semangat nasionalisme tidak hanya dibangun melalui slogan, melainkan diimplementasikan dalam tindakan nyata.

“Dalam kaitan ini, saya sangat mengharapkan partisipasi segenap kader Pemuda Pancasila, agar turut berperan aktif menyampaikan narasi-narasi kebangsaan dalam kerangka menumbuh kembangkan semangat nasionalisme dan membangun wawasan kebangsaan, khususnya kepada para generasi muda bangsa,” pungkasnya.

Sementara Wakil Sekretariat MPC Pemuda Pancasila Kabupten Bogor menjelaskan, kegiatan RPP ranting Desa Kopo ini termasuk RPP ranting yang sangat sempurna, meski masih ada sedikit kekurangan, namun sudah sangat bagus. (bon)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook