Lurah Karang Asem Barat Jelaskan Soal Video Warganya yang Viral Membawa Jenazah

Lurah Karang Asem Barat, Wahyudi.

BOGOR, INDONEWS Video pengendara sepeda motor yang membawa jenazah sempat menghebohkan masyarakat. Video berdurasi sekitar 26 detik ini menyebar pada Senin 23 November 2020.

Video pemotor membawa jenazah tersebut adalah benar merupakan jenazah anak dari pasangan keluarga Jaya Bin Sanusi dan Kastini binti Darji. Almarhum inisial MDCW (4 tahun) merupakan warga kampung Kaum, RT 06/02, Kelurahan Karang Asem Barat, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

Orangtua almarhum menjelaskan kronologi awal kejadian kepada Indonews, bahwa pada Jumat tanggal 20 November 2020, almarhum anaknya, MDCW sedang sakit panas dan dibawa berobat di klinik Insani. Kemudian setelah berobat dibawa pulang. Kemudian pada Minggu 22 November sekitar jam 07.00 WIB kondisi almarhum sudah lemas dan dibawa ke klinik Insani kembali.

“Sesampainya di klinik insani, anak saya dinyatakan sudah meninggal dunia oleh dokter Klinik Insani. Karena saya belum percaya kalau anak saya sudah meninggal, kemudian saya bawa ke RSIA Permata Pertiwi untuk memastikan pernyataan dari dokter Klinik Insani. Dan dokter RSIA Permata Pertiwi pun menyatakan sudah meninggal juga,” jelas orangtua MDCW.

“Saya baru percaya kalau anak saya sudah meninggal dunia. Kemudian tetangga saya, Poniman meminta ambulance, namun dari pihak RSIA Permata Pertiwi menyatakan tidak ada ambulance untuk orang meninggal, cuman ada ambulance untuk orang sakit. Karena panik dan juga sedih, saya sempat menyewa angkot, namun karena mungkin agak lama mengurus berkas surat kematiannya, akhirnya angkot pergi,” jelasnya.

“Karena panik dan berpikir rumah dekat juga, bagaimana caranya agar cepat sampai di rumah, akhirnya saya inisiatif membawa jenazah almarhum anak saya pulang menggunakan sepeda motor dibantu keluarga saya. Sekitar pukul 13.00 Wib anak saya (almarhum) dimakamkan di sebelah rumah. Dan terkait video viral, kami tidak tahu dan  yang memviralkan kejadian itu pun kami tidak tahu,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT: Viral Video Pemotor Membawa Jenazah, Ini Kronoligisnya

Sementara itu, Lurah Karang Asem Barat, Wahyudi saat dikonfirmasi langsung di kantornya terkait kejadian tersebut menyampaikan bahwa benar warga yang ada di video viral tersebut adalah warganya di RT 06/02, Kampung Kaum, Kelurahan Karang Asem Barat, kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

“Informasi itu saya dapatkan dari pihak keluarganya langsung tadi pagi. Kebetulan saya sudah mendatangi warga tersebut untuk menanyakan kejadian dalam video yang sedang viral, dan bagaimana kronologis kejadian sampai jenazah dibawa mengunakan sepeda motor. Dalam pertemuan dengan pihak keluarga tadi, saya menanyakan terkait sejauh mana tindakan dari pihak RS kepada orang tua almarhum, saya menilai mungkin saat itu pihak keluarga almarhum panik dan shock. Saya memahami hal itu,” tuturnya.

“Tapi kami selaku pemerintah sangat menyayangkan kenapa itu bisa terjadi. Padahal seharusnya pihak keluarga bisa menghubungi RT RW untuk meminta bantuan kepada pemerintah setempat, dan jika ada informasinya pasti, kami siap membantu. Dan pihak rumah sakit pun sudah saya hubungi, untuk meminta informasi terkait hal itu. Menurut keterangan pihak rumah sakit, sudah melalui prosedur dalam hal membawa pulang jenazah,” paparnya.

“Terkait pemakaman alhamrhum, kelurahan sudah menawarkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan di pemakaman umum,” ujarnya.

Dikatakan, kejadian ini adalah pelajaran bagi semua agar lebih meningkatkan lagi pelayanan informasi dan komunikasi kepada masyarakat.

“Harapannya buat masyarakat, khususnya masyarakat Karang Asem Barat agar meningkatkan lagi sikap kebersamaan dan kepedulian dalam bertetangga agar hal seperti ini tidak terjadi lagi. Dalam hal ini, keluarga almarhum terkesan tidak punya tetangga, ataupun aparatur pemerintah terkesan tidak peduli. Kami akan tindaklanjuti hal ini ke pihak rumah sakit,” pungkasnya. (Firm)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook