Ini Paparan Umum Bibit Samad Rianto pada Puncak HUT Ke-7 GMPK

JAKARTA, INDONEWS – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 7 tahun Gerakan Masyarakat PErangi Korupsi (GMPK) ditandai dengan Rakernas yang dilakukan secara zoom meeting, Rabu (25/11/2020).

Acara diikuti 122 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) se Indonesia. Mereka mengikuti zoom meeting dengan penuh semangat dari masing-masing kantor Sekretariat DPP dan DPD. Zoom meeting menjadi alternative perayaan HUT GMPK lantaran saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

Dalam arahannya, Ketua Umum GMPK, Irjen Pol (Purn) Bibit Samad Rianto mengungkapkan sejumlah program kerja yang dilakukan GMPK saat ini dan untuk jangka panjang.

“Pada Rakornas GMPK ke-7, tanggal 25 November 2020 ini, saya mengampaikan hasil audit organisasi GMPK tahun 2019-2020, antara lain, penataan organisasi GMPK lanjutan audit organisasi GMPK, penataan DPP GMPK, penataan DPD GMPK dan penataan pola kerja GMPK. Kemudian pemantapan penataan unsur-2 : opsnal, pendukung dan badan usaha, kaderisasi GMPK melalui life meeting dengan zoom, serta sikap GMPK menghadapi stuasi dan kondisi saat ini,” papar Bibit.

Wakil Ketua KPK non aktif itu menjelaskan, GMPK adalah suatu ormas yang fokus pada suatu gerakan anti korupsi dengan 4 konsep dasar anti korupsi, yaitu  1. Korupsi sebagai fenomena gunung es, 2. Penanggulangan korupsi dilakukan melalui pola deteksi-aksi dengan 5 pilar penanggulangan korupsi, peran 3 komponen bangsa (entitas publik, entitas privat dan entitas sosial) dalam penanggulangan korupsi, dan 4. Bagaimana GMPK mendorong komponen bangsa bekerja secara baik dan benar dalam pembangunan nasional menuju indonesia tanpa korupsi.

“GMPK tidak perlu memberikan komen atau menyebarkan sesuatu friksi atau konflik yang ada di dalam sosmed  dan terjadi di dalam kehidupan masyarakat, GMPK memantau, mengumpulkan informasi, menganalisis dan memyampaikan saran tindak kepada Ketum GMPK (Societal Cotrol),” ujarnya.

Audit Organisasi GMPK 2019-2020

Bibit menyebutkan, berdasakan audit organisasi GMPK tahun 2019-2020 dan penyebaran angket audit organisasi GMPK 2019-2020, pada pertengahan 2019 telah disampaikan angket organisasi GMPK kepada 125 DPD.

“Pada pengumpulan isian angket audit organisasi GMPK 2019-2020 tidak semua DPD GMPK mengumpulkan isian angket ke DPP GMPK. Sementara pada hasil evaluasi audit organisasi GMPK 2019-2020, isian angket belum dilampiri oleh bukti pendukung. Lalu pada pertengahan 2020 dilakukan evaluasi hasil pengisian angket diasumsikan bahwa isian tersebut dianggap benar. Adapun tindak lanjut audit organisasi GMPK akan disebarkan angket organisasi GMPK II melengkapi bukti pendukung,” paparnya.

Berikut tabel audit organisasi GMPK 2019 – 2020:

 

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook