171 Warga Pasir Angin Terima BLT-DD Tahap 4, 5 dan 6

BOGOR, INDONEWS – Berdasarkan peraturan menteri keuangan (PMK) No 50 tahun 2020 tentang pengelolaan dana desa, di mana BLT-DD sebelumnya hanya 3 bulan diperpanjang menjadi 6 bulan. Tetapi untuk besaran uang yang diterima oleh masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) berkurang dari sebelumnya Rp 600.000 per bulan, kini Rp 300.000 per bulan /KPM.

Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Angin, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Kamis (17/12/2020) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 171 KPM yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Kepala desa dibantu jajarannya menyerahkan langsung secara simbolis terhadap salah satu KPM sebelum proses penyaluran berlangsung.

Masing-masing KPM menerima BLT-DD tunai akumulatif tahap 4, 5 dan 6 sebesar Rp 900.000 yang nilai perbulannya Rp 300.000. Kegiatan ini juga dihadiri babinsa, BPD dan perangkat desa RT RW.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Pasir Angin, Ismail menyampaikan, penyaluran BLT-DD tahap 4, 5 dan 6 ini diakumulatifkan sekaligus untuk 3 bulan. Bantuan ini, kata dia, merupakan bantuan tambahan dan hak warga yang harus diberikan sebagai tindak lanjut penanganan dari dampak Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih terjadi.

“Entah sampai kapan wabah ini berakhir, kita semua tidak ada yang mengerti. Dan untuk penyaluran BLT-DD tetap harus disalurkan sesuai amanat peraturan yang ada,” tuturnya.

Dirinya berharap kepada seluruh penerima BLT-DD agar tidak bersenang-senang dengan adanya bantuan tersebut.

“Warga harus mengunakan sebaik-baiknya bantuan dan bisa bermanfaat serta dapat membeli kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, data penerima tidak ada perubahan, dari awal hingga saat ini jumlahnya tetap.

“Untuk Desa Pasir Angin, penyaluran BLT-DD sampai tahap 9. Semoga bantuan ini dapat membantu serta meringankan beban keluarga terdampak Covid-19,” harapnya.

Sementara itu, salah satu penerima BLT-DD menyampaikan, dengan adanya bantuan ini dirinya bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah karena bantuan bisa meringankan beban hidupnya.

“Berkat bantuan ini, saya bisa membeli kebutuhan pokok sehari-hari, dimana saat ini dampak Covid-19 begitu dahsyat dalam hal ekonomi dan kesehatan,” ungkapnya.

“Harapan saya, sebelum Covid-19 ini hilang, bantuan terus ada agar kami warga tidak mampu terbantu,” harapnya. (Firm)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook