Duh, Calon Kades Ini Gunakan Mobil Dinas TNI

BOGOR, INDONEWS – Panitia pemilihan Kepala Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor telah memasuki tahapan yang dinanti oleh masyarakat dan pendukung serta simpatisan dari para calon kepala desa, yaitu pengundian nomor urut.

Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Pabuaran menggelar rapat pleno terbuka pengundian nomor urut calon kepala desa dan penandatangan fakta integritas bersama.

Namun sejumlah pihak menyayangkan, pesta demokrasi yang seharusnya menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan sportifitas dalam bersaing serta kompetisi dikotori oleh oknum yang tidak bertangung jawab.

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media di lapangan dari narasumber yang tidak mau disebutkan, bahwa ada calon kepala desa, Ulung saat datang ke lokasi pengundian nomor urut mengunakan mobil berplat TNI. Kendaraan milik Negara itu dipakai arak-arakan bersama pendukungnya setelah pulang dari rapat pengundian nomor urut

Sedangkan berdasarkan peraturan, bahwa regulasi secara tegas melarang penggunaan fasilitas negara dan kendaraan dinas sesuai UU No 10 tahun 2016 pasal 69.

Saat dikonfirmasi pada Kamis (17/12/2020) Ketua Panitia Pilkades Pabuaran, Asep Saefudin membenarkan kejadian tersebut.

“Pada saat pengundian nomor urut tanggal 4 Desember 2020 lalu, kami panitia saat itu sibuk mengurus persiapan untuk acara pengundian. Kalau masalah tindakan, kami panitia tidak  berwenang untuk menindak, paling kami hanya menegur secara lisan saja, karena kami hanya pengatur teknis tentang pemungutan dan penghitungan suara,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, secara aturan memang penggunaan kendaraan dinas tidak dibenarkan membawa atau memakai atribut instansi pemerintah.

“Saat ini prosesnya sedang diklarifikasi lagi pak oleh Danpos Sukamakmur. Dan yang bersangkutan, yang bawa mobil sedang di panggil oleh Denpom untuk dimintai keterangan,” terangnya.

Terkait hal itu, Camat Sukamakmur, Agus saat dikonfirmasi melalui WhatsAapnya, sampai berita ini diterbitkan belum menjawab. (Firm)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook