Jokowi Luncurkan Bantuan Tunai Se-Indonesia, Anggarannya Rp 110 Triliun

JAKARTA, INDONEWS – Pemerintah Indonesia menyalurkan bantuan sosial (bansos), Senin (4/1/2021). Hal itu sebagaimana Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan bantuan tunai se-Indonesia untuk tahun 2021 di Istana Negara.

“Tahun 2021 ini, penyaluran bansos akan terus kita lanjutkan. Dan di dalam APBN 2021 telah kita siapkan anggaran sebesar Rp 110 triliun,” jelas Jokowi dalam sambutannya saat Peluncuran Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021 di Istana Jakarta, Senin.

Jokowi menjelaskan, bantuan yang diluncurkan akan disalurkan kepada seluruh penerima yang tersebar di 34 provinsi.

“Dari Sabang sampai Merauke. Dari Miangas sampai ke Pulau Rote. Dalam rangka membantu masyarakat atasi dampak pandemi Covid-19,” lanjutnya.

Bantuan tersebut terdiri dari tiga jenis, yakni program keluarga harapan (PKH), program sembako dan bantuan sosial tunai (BST). Jokowi menjelaskan, bantuan tunai 2021 disalurkan kepada masyarakat dalam beberapa tahapan.

Untuk PKH akan disalurkan lewat bank milik negara/Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BTN) dalam empat tahap.  Kemudian program sembako akan disalurkan pada Januari hingga Desember 2020.

“Nilainya Rp 200.000 per keluarga per bulan,” kata Jokowi.

Terakhir, program BST akan diberikan sejak Januari hingga April atau selama empat bulan.

“Besaran BST yakni Rp 300.000 per bulan. Jadi sudah jelas semuanya,” tegas Jokowi.

Jokowi berharap, bantuan ini dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi covid-19.

“Kita harapkan juga bisa menjadi pemicu untuk menggerakan ekonomi nasional kita, mengungkit ekonomi nasional kita, memperkuat daya beli masyarakat,” ucap Jokowi. *

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook