Memaknai Refleksi Akhir Tahun Bagi INDONEWS

Pemimpin Umum dan Redaksi Indonews

Oleh: Jonny Sirait, A.Md

Refleksi berasal dari kata reflect, artinya menggambarkan, mencerminkan, dan membayangkan. Maknanya, segala tindakan yang dilaksanakan merupakan gambaran dirinya. Dalam konteks manajemen modern, refleksi dimaknai evaluasi, yaitu suatu pekerjaan setelah perencanaan dan pelaksanaan. Atau dapat dikatakan, refleksi merupakan perenungan diri terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.

Refleksi menjadi bagian sangat penting bagi orang-orang yang berkeinginan berkembang maju dan berkualitas (refleksi diri), terlebih dalam suatu manajemen, tidak terkecuali bagi manajemen Media Online dan Cetak INDONEWS yang menganut sistem manajemen berbasis kekeluargaan. Sebab melalui refleksi dapat diketahui apakah pekerjaan tersebut berhasil ataukah gagal, lalu bagaimana hambatannya? Apa tantangannya? Bagaimana cara mengatasi masalahnya? Bagaimana sumber dayanya? bagaimana cara pembagian kerjanya? Kapan deadline-nya? Dan banyak lagi pertanyaan lainnya.

Dalam refleksi, ada bagian sangat penting untuk direfleksikan, yaitu manajemen waktu. Menurut Davidson (2011) manajemen waktu adalah menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dan bekerja lebih cerdas. Sehingga orang yang mampu bekerja dengan waktu yang apik, ia akan mampu mengoptimalkan pekerjaannya. Sebab ia berprinsip tidak mau diatur oleh waktu, tapi ia yang membina waktu, untuk memberikan nilai guna kepada orang lain. Ia tidak ingin menjadi orang yang tidak mampu menghargai waktu, karena waktu terus berjalan tanpa bisa diulang kembali (roll back).

Ia juga mampu menerapkan evaluasi awal (pretest) untuk menyempurnakan konsep dan cara mengeksekusi rencana yang telah ditentukan serta evaluasi akhir (posttest) untuk memprediksi akan tercapai atau tidaknya tujuan dan menganalisa pekerjaan selanjutnya.

Simple-nya, tidak ada kegiatan yang “asal jalan”. Semua tertata dengan rapi, sehingga mampu menggunakan sumber daya secara maksimal, mudah dalam berkoordinasi dan memprediksi (ramalan) keadaan berikutnya. Sebab cara-cara menghormati waktu memiliki dampak pada pekerjaan.

Waktu ibarat air yang mengalir di sungai, dengan tenangnya air akan terus mengalir melewati kota-kota, tepian jalan-jalan raya, pemukiman, dan sebagainya. Begitu juga dengan waktu, terus berjalan melewati masa anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Lantas, apakah waktu tersebut akan berkata: Aku ini waktu, aku ini waktu, tolong jangan sia-siakan aku, broo karena aku tak bisa diulang ke belakang lagi.

Mark Zuckerberg, sang penemu facebook pada saat usia 20 tahun, Merry Riana sebagai pengusaha, penulis dan motivator yang membuktikan suksesnya dengan pengasilan S $ 1.000.000 pada usia 26 tahun dan Elang Gumilang sebagai pengusaha kontraktor pada usia 23 tahun. Ia juga, Pengusaha Muda Top peraih Indonesia, mereka adalah contoh orang-orang yang pandai me-manage waktu dan cerdas membuat perencanaan strategis, pandai menetapkan pekerjaan prioritas, dan mampu menyusun langkah kerja untuk tercapainya tujuan. Mereka hanya kerja, kerja, dan kerja.

Bila menapak jejak berkilas balik terhadap kiprah sosial kontrol INDONEWS di sepanjang waktu tahun 2020, beragam angel berita telah disajikan, baik yang bersifat informatif, investigatif maupun kritik membangun yang bersifat konstruktif. Dan terhadap penyajian tersebut tentu tak terlepas dari adanya satu berita tertentu yang dinilai berbeda atau berlawanan oleh para pembaca.

Ada yang menilai netral. Ada yang menilai tendensius. Yang satu menilai berdasarkan fakta, yang lain menilai justifikasi, yang ini menilai balans, yang itu menilai kurang balans, ada yang bilang itu menyiarkan fakta. Ada lagi yang berpendapat itu menyiarkan aib, dan sebagainya.

Dalam memaknai Refleksi Akhir Tahun bagi INDONEWS ini, kemungkinan munculnya perbedaan penilaian terhadap kesan-kesan sebuah pemberitaan INDONEWS tersebut tentu menjadi hal yang direfleksikan guna dijadikan perbaikan, masukan terhadap pelaksanaan sosial kontrol yang telah dilakukan, dan analisis dalam refleksi untuk percepatan mencapai tujuan INDONEWS, yaitu siap menjadi “information brigdes” atau jembatan informasi dua arah antara Pemangku otoritas dan segenap masyarakat Kab. Bogor yang handal dan dapat dipercaya.

Pembaca yang budiman, kiranya di tahun 2021 ini kita harus membuat perubahan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Penulis adalah aktivis dan Pemimpin Umum-Redaksi Media Online dan Cetak Indonews 

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook