Kadiskominfo Kabupaten: Jangan Alergi dengan Wartawan

BOGOR, INDONEWS,- Dalam sebuah wawancara ekslusif bersama Jonny Sirait, Amd sebagai Pimpinan Umum/Redaksi Indonews, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, R. Irwan Purnawan mengemukakan pantingnya peran media massa.

Irwan yang baru menjabat kurang lebih 5 bulan mengatakan, pers memiliki fungsi besar dalam pembangunan negara, khususnya dalam mengawal pemerintahan serta memberikan informasi untuk mencerdaskan bangsa.

“Saya baru beberapa bulan menjabat sebagai Kadiskominfo, saya sudah mengenal beberapa wartawan. Tentunya peran wartawan atau pers sangat penting bagi kami,” kata Irwan, di ruang kerjanya, Jln. Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (20/1/2021).

Irwan pun mengajak para SKPD di Kabupaten Bogor untuk mempererat kerja sama dengan media massa demi perbaikan dan pembangunan daerah.

“Saya pikir sinergitas dengan media itu sangat baik. Saya pun senang dengan kehadiran Indonews yang membawa misi yang baik. Sehingga teman-teman SKPD enggak perlu alergi dengan wartawan selama itu tidak menyalahi aturan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa kehadiran wartawan tidak perlu ditakuti, justru harus dirangkul untuk kebaikan bersama.

“Wartawan dalam tugasnya dilindungi Undang-undang. Pers juga memiliki fungsi kontrol sosial yang sangat penting sehingga pers jadi pilar keempat bangsa. Maka dari itu kami mengajak SKPD untuk meningkatkan sinergitas atau kerja sama dengan media untuk memberikan informasi kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Pimred Indonews, Jonny Sirait, Amd menambahkan bahwa Indonesia merupakan negara hukum yang menganut sistem demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu nilai-nilai yang terkandung di dalamnya adalah menjamin kemerdekaan masyarakat untuk menyampaikan pikiran dan pendapatnya, baik berupa lisan maupun tulisan. Oleh karena itu, fungsi pers selain untuk memberikan informasi, juga sebagai sarana bagi warga negara untuk mengeluarkan pikiran dan pendapatnya.

“Menurut UU No. 40 Tahun 1999 tentang pers, dikatakan bahwa pers merupakan lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik. Hal ini meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, suara, gambar maupun media elektronik, dan segala saluran yang tersedia,” jelasnya.

“Maka dari itu saya juga sepakat dengan pernyataan Presiden RI, Joko Widodo bahwa Pers berperan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat dan menjaga kondisi bangsa dalam keadaan kondusif,” tambahnya.

Menurutnya, peran pers dalam pemerintahan sangat besar, baik dalam mewartakan agenda perintahan ataupun memberikan kritik kebijakan pemerintah. Karena itu, Presiden tak segan menghaturkan ucapan terima kasih keada insan pers di seluruh Indonesia dalam peringatan HPN 2020 lalu.

“Dengan demikian, kami pun datang dengan membawa misi ikut berpartisipasi membangun Kabupaten Bogor melalui media Indonews. Kami pun membuka pintu lebar-lebar jika ada pihak yang akab bekerja sama sesuai dengan aturan dan prosedur. Kami sangat siap,” pungkasnya. (Olo)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook