Rawa Situ Tlajung Udik Tercemar, Ribuan Ikan Mati

BOGOR, INDONEWS – Warga dikejutkan oleh kemunculan ribuan ikan mati secara tiba-tiba di rawa Situ Tlajung, Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/1/2021). Warga menilai ikan-ikan itu mati karena Rawa Situ Tlajung tercemar limbah beracun.

Pantauan Indonews di rawa Situ Tlajung, terlihat ribuan ikan mengambang di permukaan air dalam keadaan mati. Warga sekitar pun tampak datang untuk melihat ikan-ikan mati tersebut.

Ketua RT setempat, Rohim mengatakan, ikan-ikan mati mendadak sejak kemarin siang, tapi saat itu baru sedikit. Namun saat ini, ikan paling banyak terlihat mati. Dia pun menduga ikan mati karena air tercemar limbah.

“Karena kemarin hujan dari pagi sampai sore tidak berhenti-henti, kemungkinan ada limbah beracun yang masuk dan mengalir ke situ ini. Jadi ikan-ikan mati,” kata Rohim.

Senada dikatakan warga sekitar Situ Rawa Tlajung, Hersa. Menurutnya, ikan mati karena limbah. Sebab, pada air terlihat berminyak.

“Mungkin dari limbah kali ya, karena  banyak ikan-ikan pada mati. Saya juga tidak paham kenapa ikan ini pada mati, mungkin dinas terkait yang akan mengetahui penyebab kematian ikan-ikan ini,” terangnya.

“Dia berharap agar kejadian ini segera diambil tindakan, dan dinas terkait cepat turun ke lapangan untuk mengatasinya.

Sementara saat dikonfirmasi, pihak Lingkungan Hidup, Beti mengatakan, pemerintah kecamatan saat ini sedang menelusuri penyebab matinya ikan-ikan di Rawa Situ.

“Sudah diambil sampel air guna diteliti agar mengetahui penyebabnya ikan pada mati,” jawabnya singkat.

Pihak Kepolisian Sektor Gunung Putri juga terlihat turun ke lokasi untuk mengetahui penyebab kematian ikan dan penyebab terjadinya pencemaran air. (Firm)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook