MPC PP dan KOTI Mahatidana Kab. Bogor Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang

BOGOR, INDONEWS – Pengurus Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Bogor bersama jajaran KOTI Mahatidana Kabupaten Bogor menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam banjir bandang Gunung Mas, Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Minggu (24/1/2021).

Ketua MPC PP Kabupaten Bogor, M. Yunus PBA menyebutkan, penyerahan bantuan dilakukan sebagai rasa saling membantu sesama manusia.

“Kami merasa terpanggil dengan adanya musibah ini. Di sana, banyak saudara saudari kami yang terdampak bencana, sehingga mereka membutuhkan uluran tangan kita. Maka dari itu, kami mengumpulkan bantuan untuk diserahkan,” jelas Yunus.

Yunus menyebutkan, bencana banjir bandang menerjang Kampung Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Selasa (19/1/2021) pagi. Menurut keterangan yang dikumpulkan MPC PP, masih kata Yunus, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun sebanyak 7 bangunan rusak dan 1.800 orang terdampak dan mengungsi.

“Ribuan orang yang terdampak bencana tentunya sangat membutuhkan bantuan. Semoga apa yang kami berikan menjadi ladang ibadah dan dapat meringankan beban saudara dan saudari kami. Semoga mereka diberikan ketabahan dan kekuatan atas musibah ini,” pungkas Yunus.

Di tempat sama, Dankoti MPC PP Kabupaten Bogor, Daulat Harahap menambahkan, jajaran KOTI Mahatidana Kabupaten Bogor secara sukarela menyalurkan bantuan bagi para korban bencana.

“Kami pun sama seperti yang disampaikan pak Ketua MPC PP, bahwa beban korban bencana alam menjadi beban bagi kami juga. Sehingga kami bersyukur hari ini dapat membantu korban bencana,” ungkapnya.

Daulat pun mengingatkan agar pemerintah benar-benar memperhatikan kebutuhan dan kesehatan para pengungsi.

“Kami juga mendorong adanya bantuan perbaikan bagi rumah warga yang rusak. Kami juga berharap, pemerintah menyiapkan langkah perbaikan pasca-bencana dan mengantisipasi agar peristiwa ini tidak terulang kembali,” tandasnya.

Untuk diketahui, Kampung Gunung Mas merupakan perkampungan yang berada di dalam areal agro wisata Gunung Mas Puncak yang masih dalam kawasan PTPN VIII. Bangunan rumah yang ada di dalam perkampungan ini merupakan rumah dinas untuk karyawan dan keluarga karyawan perkebunan teh.

Material banjir bandang berupa lumpur, batu dan pepohonan, terbawa arus melalui aliran Sungai Cisampay dan menerjamg sebagian rumah warga. Sungai Cisampai memiliki hulu di air terjun Curug Cisampay yang hilirnya adalah SungaiCiliwung.

Banjir bandang ini disebut merupakan dampak dari longsor yang terjadi sekitar sebulan lalu di kawasan Curug Cisampay. Diduga material longsor menyumbat aliran Sungai Cisampay, sampai akhirnya, hujan yang terus menerus terjadi hingga Selasa (19/1/2021) pagi itu mengakibatkan air meluap dan mengakibatkan banjir bandang. (bint)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook