SK Dicabut Kades, Katar Cicadas Gelar Protes dengan Buka Baju

Anggota dan pengurus Karang Taruna Desa Cicadas membuka baju sebagai bentuk protes atas pencabutan SK Karang Taruna oleh kepala desa.

BOGOR, INDONEWS – Puluhan pemuda asal Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang tergabung dalam karang taruna (katar) mengeruduk kantor Desa Cicadas, Jumat (29/1/2021).

Aksi itu dipicu atas tindakan kepala desa (kades) Cicadas, Dian Hermawan yang mencabut Surat Keputusan (SK) kepengurusan Karang Taruna. Penabutan SK dinilai tidak mendasar dan sepihak.

Ketua Karang Taruna (Katar) Desa Cicadas, Firman mengatakan, tindakan yang dilakukan kades sudah sewenang-wenang dan tidak mengindahkan aturan serta mekanisme yang benar, yaitu tanpa ada proses dan mekanisme yang seharusnya dijalankan, tapi tidak dijalankan dan berpatokan hanya rekomendasi mosi tidak percaya dan rekomendasi MPKT.

“Di dalam AD/ART Karang Taruna, tidak ada yang menyebutkan kewenangan kades untuk melakukan pencabutan/pembatalan SK Karang Taruna. Namun kades selaku pembina umum Karang Taruna desa melakukan pengawasan dan pembinaan pemuda-pemudi Karang Taruna. Dalam pencabutan SK dengan surat yang sudah diberikan pada kami, kades tidak melakukan memanggil kami atau mengajak kami untuk bermusyawarah sebelumnya,” ujar Firman.

Dirinya bersama pengurus dan anggota Karang Taruna mendatangi kantor kepala desa karena sudah hampir dua minggu meminta waktu untuk musyawarah dan meminta penjelasan kepada kepala desa, namun selalu beralasan, terkesan tidak ingin ketemu, dan menghindar.

“Lebih lanjut malam ini kami datang ke sini (kantor desa) menuntut dan meminta penjelasan kades agar mempertimbangkan dan membatalkan keputusannya. Kami menilai keputusan itu cacat hukum. Akan tetapi sanggahan dan klarifikasi kami tidak diindahkan serta diabaikan. Kades tetap pada keputusannya, dan kami akan membawa masalah ini ketingkat yang lebih tinggi,” ujar Firman lagi.

Dia juga menyampaikan, aksi buka baju seragam Katar sebagai bentuk protes dan kekecewaannya kepada kades atas keputusannya yang terkesan mengabaikan aturan.

“Padahal sebelumnya kami juga sudah menyampaikan surat penolakan pencabutan SK tersebut dan melampirkan bukti-bukti sanggahan kami terkait permasalahannya, namun tidak dianggap,” pungkas dia.

Pertemuan anggota dan pengurus Karang Taruna Desa Cicadas bersama kepala desa.

Di tempat sama, Kepala Desa Cicadas, Dian Hermawan saat dikonfirmasi menyampaikan melalui anggota linmas, Seno bahwa pihaknya sedang rapat.

“Sudah malam dan lagi meeting,” katanya singkat. (Firm)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook