Musancab PAC, Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Bogor Minta Pengurus Baru Mampu Mencerdaskan Rakyat

Foto bersama musyawarah anak cabang (Musancab) di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, di Cibinong, Jumat (5/2/2021).

BOGOR, INDONEWS – Dua Pimpinan Anak Cabang (PAC) di bawah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Bogor menjalani musyawarah anak cabang (Musancab) di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, di Cibinong, Jumat (5/2/2021)

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, H.R. Bayu Syahjohan menjelaskan, berhubung di masa pandemi Covid-19, maka Musancab diadakan secara bertahap dan diperkirakan dari 40 kecamatan musancab akan selesai per 14 Februri 2021.

“Jadi untuk hari ini hanya dua PAC yang melaksanakan musancab, yaitu PAC Kecamatan Cibinong dan PAC Kecamatan Klapanunggal,” jelas Bayu, kepada Indonews, usai acara.

Musancab tersebut, tambah Bayu, menghasilkan nama-nama ketua, sekretaris maupun bendahara (KSB) PAC PDI Perjuangan Kecamatan Klapanunggal masa bakti 2020-2025, yaitu Ketua Makmur Nurhendi, Sekretaris Dwi Suprapto  dan Bendahara Sugoro.

“Sedangkan KSB PAC PDI Perjuangan Kecamatan Cibinong masa bakti 2020-2025 yakni, Ketua Yudhizar LW, Sekertaris A. Priono dan Bendahara M.Usman,” jelas Bayu.

Bayu mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus yang baru terpilih. “Jadilah pengurus yang mengurus, bukan yang diurus,” katanya.

Terakhir, Bayu berpesan agar pengurus baru mampu membawa fungsi partai dengan baik. Di mana salah satu fungsinya menjadi alat perjuangan guna membentuk dan membangun karakter bangsa.

“Selain berpolitik, pengurus baru juga harus mampu mendidik dan mencerdaskan rakyat agar bertanggung jawab menggunakan hak dan kewajibannya sebagai warga Negara, kemudian  menghimpun, merumuskan, dan memperjuangkan aspirasi rakyat dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan negara, menghimpun, membangun dan menggerakkan kekuatan rakyat guna membangun masyarakat, Pancasila dan jika perlu melakukan komunikasi politik dan partisipasi politik warga Negara,” pungkasnya.

Di tempat sama, Sekrataris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, H. Bambang Gunawan menambahkan, berhubung dilakukan di masa pandemi Covid-19, maka peserta Musancab dibatasi.

“Kami juga menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat agar musancab ini berjalan tertib serta tidak mengundang potensi penyebaran wabah virus corona,” ujar Bambang.

Bambang mengingatkan, bahwa Partai berlambang banteng ini  berasaskan Pancasila sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sesuai jiwa dan semangat lahirnya pada 1 Juni 1945.

“Para pengurus baru harus memahami bahwa Jatidiri Partai adalah kebangsaan, kerakyatan, dan keadilan sosial. Sedangkan watak partai adalah gotong royong, demokratis, merdeka, pantang menyerah dan terbuka hingga mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” jelasnya.

Pegurus baru, sambungnya, juga harus mampu membangun masyarakat Pancasila 1 Juni 1945 dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil, dan makmur.

“Kemudian, pengurus harus bisa menghimpun dan membangun kekuatan politik rakyat, memperjuangkan kepentingan rakyat di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya secara demokratis dan berjuang mendapatkan kekuasaan politik secara konstitusional guna mewujudkan pemerintahan yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,” katanya.

“Lalu, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” pungkas Bambang.

Pantauan Indonews, Musancab dihadiri Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat beserta jajarannya,  pengurus dan anggota DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, serta anggota DPRD fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Bogor. (Bon)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook