Perkuat Wajah Islami, PDI Perjuangan Bogor Lantik Pengurus Bamusi

BOGOR, INDONEWS – Sebagai partai yang kerap difitnah partai non muslim dan bahkan partai yang berkaitan dengan komunis, nyatanya PDI Perjuangan terus memperkuat wajah Islaminya. Semisal DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor yang kini melebarkan sayap partai dengan melantik pengurus Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi).

Pengurus Bamusi Kabupaten Bogor resmi dilantik di Sekretariat DPC PDI Perjuamgan, Jl Tegar Beriman Nomor 45, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/2/2021).

Namun demikian, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, H.R. Bayu Sayahjohan menampik jika pembentukan Bamusi untuk meredam isu bahwa PDI Perjuangan partai non muslim.

“Jadi sangat salah besar jika menyebut PDI Perjuangan partai non muslim atau bahkan PKI. Itu fitnah besar. Sebelum pemilihan presiden pak Jokowi, PDI Perjuangan sudah sangat kental dengan Islam. Namun kami juga tetap merangkul agama lain karena itu merupakan bagian dari Pancasila, berbeda agama namun tetap sama satu bangsa,” ujar Bayu, usai pelantikan pengurus Bamusi.

Lebih jauh dijelaskan, PDI Perjuangan Kabupaten Bogor juga telah beberapa kali melaksanakan bhakti sosial yang berkaitan dengan Islam.

“Ya kalau orang benci kan selalu berlebihan. Fitnah pun menjadi salah satu cara untuk menjatuhkan. Namun tidak apa-apa, karena yang pasti kami (PDI Perjuangan) telah menunjukkan siapa kami sebenarnya,” ungkap Bayu.

Bayu menuturkan, PDI Perjuangan sebagai induk dari lembaganya, merupakan parpol yang sangat dekat dengan perjungan umat Islam. Bahkan tidak jarang, PDI Perjuangan di DPR berjuang untuk meloloskan banyak undang-undang yang bersentuhan langsung dengan umat Islam.

“Gambaran wajah Islam di PDI Perjuangan sendiri tak terlepas dari peran alamarhum Taufiq Kiemas yang merupakan suami dari Ketua Umum PDI Perjuangan, ibu Hj. Megawati Soekarnoputri. Pada Ramadan 2007, Pak Taufiq menggelar buka puasa bersama yang dihadiri KH Hasyim Muzadi sebagai perwakilan Nahdatul Ulama (NU) dan Din Syamsuddin dari Muhammadiyah. Ini bukti nyata bahwa PDI Perjuangan tidak anti Islam, justru masyoritas kami adalah muslim. Saya muslim. Pak Bambang (Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, red) juga muslim,” tandasnya.

Di tempat sama, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, H. Bambang Gunawan menimpali bahwa kelahiran Bamusi sendiri memasukkan seluruh unsur-unsur organisasi Islam di Indonesia. “Alhamdulillah semua melebur jadi satu di Bamusi. Karena itu, slogan Bamusi adalah, Islam Nusantara Yang Berkemajuan untuk Indonesia Raya. Islam Nusantara berasal dari NU, sedangkan Islam Berkemajuan dari Muhamamdiyah. Indonesia Raya dari unsur PDI Perjuangan,” jelas Bambang.

Lebih jauh dikatakan, 80 persen lebih pemilih PDI Perjuangan dari umat Islam. Sedangkan 92 persen pengurus PDI Perjuangan juga muslim.

“Kemudian empat pengurus DPP berasal dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Jadi enggak benar kalau bilang PDI Perjuangan jauh dari Islam. Sudah dibuktikan PDI Perjuangan mampu tampil akomodatif terhadap umat Islam. Sebagai contoh, PDI Perjuangan mendukung penuh tujuh undang-undang yang bersentuhan langsung dengan kepentingan muslim di Indonesia,” ujarnya.

Ketujuh UU itu, adalah UU Zakat, UU Perbankan Syariah, UU Pengelolaan Keuangan Haji, UU Wakaf, UU Surat Berharga Syariah Nasional, UU Peradilan Agama, UU Penanganan Fakir Miskin dan UU Jaminan Produk Halal.

“Jadi saya tegaskan, PDI Perjuangan juga akomodatif dengan aktivitas keagamaan dan regulasi yang bersentuhan dengan umat Islam,” tandas H. Bambang.

Pantauan Indonews, pada acara pelantikan Bamusi Kabupaten Bogor, bertindak sebagai Master of Ceremony (MC) KH. Ohan Burhanuddin, MA (Wakil Ketua DPC Bamusi Kab. Bogor/ pimp. Ponpes Bojonggede, Bogor),

Pukul 20.00-20.30 WIB, acara dimulai dengan pembukaan, kemudian Qiroah Qur’an oleh Ust. Lutfi Chakiem, Lc  Wakil Sekretaris DPC Bamusi Kab. Bogor alumnus Al Azhar Cairo Mesir, lalu menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh panitia, lalu menyanyikan Subhanul Wathon oleh panitia dan mendengarkan hymne Bamusi.

Pukul 20.35- 0.45 WIB, Istighotsah dipandu KH. Maryudi, MA (Wakil Ketua DPC Bamusi Kab. Bogor / Pimp. Ponpes Tamansari Bogor) dan para kyai/ Asatidz. Lalu, pukul 20.50-21.20 WIB sambutan-sambutan dan pelantikan.

Sambutan pertama dilakukan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor Rd. H. Bayu Syahjohan, kemudian PP Bamusi sekaligus Pelantikan DPC Bamusi Kabupaten Bogor, Yudi,.

Pukul 21.25- 21.45 WIB Mauidzoh  Hasanah  Waketum MUI Kab. Bogor merangkap Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Bogor Dr. Kh. Aim Zaimuddin, MA (Pimp. Ponpes Al-Fatmahiyah, Jonggol, Bogor)

Kemudian pukul 21.50 WIB doa penutup oleh KH. Fauzie Makariem, SPd (Waka Bamusi Kabupaten Bogor sekaligus pimpinan Ponpes Darul Makarim, Tenjolaya Bogor. Terakhir, pukul 21.50 – 21.55 WIB ramah tamah.

Pada acara yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat itu, hadir juga seluruh pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, juga anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Bogor. (bint)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook