Musancab PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Pengurus Baru Harus Utamakan Kepentingan Rakyat

Pengambilan sumpah jabatan PAC Sukajaya, Kabupaten Bogor oleh Pengurus DPD Jawa Barat yang juga sekaligus Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hj. Asyanti Rozana Thalib didampingi Sekretaris DPC Bambang Gunawan dan Wakil Ketua DPC Jonny Sirait.

BOGOR, INDONEWS – Musyawarah Anak Cabang (Musancab) yang dilaksanakan DPD PDI Perjuangan Kabupaten Bogor telah selesai dilaksanakan sesuai jadwal yang diagendakan, Minggu (14/2/2021).

Musancab di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, di Cibinong ini dinilai sudah berjalan dengan baik. Selanjutnya, PDI Perjuangan akan segera melaksanakan konsolidasi kaderisasi.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, H.R. Bayu Syahjohan menjelaskan, berhubung di masa pandemi Covid-19, maka Musancab diadakan secara bertahap.

“Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan musancab sesuai dengan harapan pada Minggu 14 Februari 2021 kemarin. Setelah terbentuk dari hasil musancab, kita berharap seluruh kader memahami fungsi sebagai kader PDI Perjuangan,” ujar Bayu saat ditemui di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Selasa (16/2/2021).

Hal lain penting yang harus dilakukan kader PDI Perjuangan, imbuh Bayu, yakni kader harus mampu dan siap untuk selalu berada di tengah masyarakat termasuk didalamnya membantu atau menolong masyarakat.

“Para pengurus baru ini wajib memahami bahwa jatidiri partai, yaitu kebangsaan, kerakyatan, dan keadilan sosial. Sedangkan watak partai adalah gotong royong, demokratis, merdeka, pantang menyerah dan terbuka hingga mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” jelasnya.

Dengan demikian, tandas Bayu, para kader PDI Perjuangan, khusunya yang baru terbentuk dalam musancab ini dituntut mampu membangun masyarakat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil, dan makmur.

Di tempat sama, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, H. Bambang Gunawan menambahkan, pembentukan sejumlah pengurus di anak cabang melalui musancab merupakan upaya partai berlambang banteng dalam penyegaran dan penyempurnaan fungsi kader.

“Saya mengingatkan dan mengajak bersama seluruh kader PDI Perjuangan untuk menjalankan tugas dan fungsinya untuk semata untuk kepentingan rakyat. Artinya, kader PDI Perjuangan harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Dan nanti seluruh anggota DPR RI, DPRD Provinsi dari Dapil Kabupaten Bogor bersama anggota DPRD Kabupaten Bogor fraksi PDI Perjuangan juga wajib turun ke tengah-tengan masyarakat,” papar H. Bambang.

Pria berkepala plontos itu menambahkan, dalam mengimplementasikan AD/ART partai, pengurus harus bisa menghimpun dan membangun kekuatan politik rakyat, memperjuangkan kepentingan rakyat di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya secara demokratis dan berjuang mendapatkan kekuasaan politik secara konstitusional guna mewujudkan pemerintahan yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Lalu, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” pungkas Bambang.

Bambang mengingatkan, PDI Perjuangan memiliki cita-cita luhur untuk membangun dan mewujudkan Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil, dan makmur serta berkeadaban dan berketuhahan sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan cita-cita bersama dari seluruh rakyat Indonesia.

“Sebagai Partai Ideologis berasaskan Pancasila 1 Juni 1945, PDI Perjuangan berperan aktif dalam usaha-usaha untuk mencapai cita-cita bersama tersebut. Untuk itu, PDI Perjuangan berketetapan menjadi alat perjuangan dan pengorganisasian rakyat,” jelasnya.

Sebagai alat rakyat, PDI Perjuangan bertugas untuk mewujudkan amanat penderitaaan rakyat sebagaimana termaktub dalam cita-cita Negara Proklamasi 17 Agustus 1945. Kedua, menjaga dan melaksanakan Pancasila 1 Juni 1945 sebagai dasar dan arah berbangsa dan bernegara; sebagai sumber inspirasi dan harapan bagi rakyat; sebagai norma pengatur tingkah laku kebijakan, kelembagaan dan anggota partai; dan sebagai cermin dari keseluruhan jati diri partai.

“Dan ketiga, mengantarkan Indonesia untuk berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan sebagai syarat-syarat minimum bagi perwujudan cita-cita bersama bangsa di atas,” papar Bambang.

Selanjutnya, Bambang mengucapkan selamat kepada pengurus baru PAC PDI Perjuangan se Kabupaten Bogor. Dengan terbentuknya pengurus baru, ia menaruh asa PDI Perjuangan Kabupaten Bogor semakin mantap.

“Saya pun tak melupakan jasa-jasa kepengurusan PAC lama. Saya sangat mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya terhadap partai, sehingga Alhamdullilah kita telah menyelesaikan 39 musancab dari 40 kecamatan. Ini semua berkat kerja sama kita semua. Kini mari kita wujudkan kejayaan partai di Kabupaten Bogor,” ujar Bambang penuh semanngat.

Terakhir, Bambang memohon kepada 1 PAC yang belum berhasil terbentuk dalam musancab untuk tidak berkecil hati karena kesempatan masih banyak di masa mendatang.

“Tentunya kader PDI Perjuangan ini saya yakin pemikirannya sangat dewasa, bijak dan dapat enerima keadaan. Saya yakin teman-teman bisa menghormati hasil keputusan atau rekomendasi dari DPD, sebab keputusan ini yang dianggap untuk yang terbaik. Mari kita tetap merapatkan barisan untuk selalu bergandengan tangan dalam mengabdi untuk rakyat dan negeri tercinta,” pungkas dia. (bon)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook