Normalisasi, BBWS Jabar Bersama Kodim 0621 Tinjau Situ di Gunung Putri

BOGOR, INDONEWS – Menindaklanjuti rencana normalisasi situ di Kabupaten Bogor, Kodim 0621 Kabupaten Bogor bersama perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Provinsi Jawa Barat meninjau Situ Tlajung dan Situ Citongtut, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jumat (26/2/2021).

Dalam peninjauan tersebut, turut hadir Danramil 2105 Gunung Putri Lettu Ferianto, perwakilan pemerintah Desa Cicadas, perwakilan Desa Tlajung Udik dan ormas serta  RT RW yang wilayahnya berdampingan dengan dua situ tersebut.

Pasister Kapten Inf Andika Fitriadi selaku perwakilan Kodam III Siliwangi dan Kodim 0621 Kabupaten Bogor menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti program normalisasi situ di Gunung Putr.

“Kunjungan ini melibatkan perwakilan BBWS dan pemerintah desa serta perangkat desa setempat. “Kodim, Koramil dan Babinsa adalah perpanjang tangan Kodam III Siliwangi, jadi kami yang diutus meninjau situ ini,” jelas Andika.

Dikatakan, situ beada dibawah pengawasan pengelolaannya dinas pengairan, dan secara aturan tidak boleh ada kegiatan lain diluar fungsinya.

“Kalau ikuti aturan ya seperti itu. Tapi kan pemerintah desa punya kebijakan dalam hal memanfaatkan situ seperti saat ini ada kerambanya. Tapi jangan sampai nanti saat melaksanakan pengerukan/normalisasi mereka minta ganti rugi. Makanya harus ada hitam di atas putih. Bersama perwakilan BBWS. Kami pun langsung melaksanakan survei dan pengukuran situ untuk bahan dasar melaksanakan normalisasi yang direncanakan bulan Mei mendatang,” jelas Andika.

Dia berharap pemerintah desa segera mensosialisaikan tentang ini kepada masyarakat, dimana nanti ketika pelaksanaannya sudah tidak ada kendala di lingkungan.

Sementara perwakilan Pemerintah Desa Cicadas, Panji mengapreisai program normalisasi dan pengerukan Situ Citongtut.

“Terima kasih kepada BBWS dan Kodam III Siliwangi dalam hal ini diwakili dari Kodim 0621, dimana program normalisasi dan pengerukan situ kami dukung agar terlakasana dengan baik dan lancar,” tukasnya. (Firm)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook