DPW KMDT DKI Dilantik, Sekaligus Dilakukan MoU dengan MIO Indonesia

JAKARTA, INDONEWS – Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Provinsi DKI Jakarta periode 2021-2026 dilaksanakan di Hotel Borobudur, Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/4/2021). Acara dibuka secara resmi oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo yang juga selaku Ketua Dewan Pembina DPP KMDT.

Prosesi pelantikan dilakukan Ketua Umum KMDT, St. Edison Manurung, SH, MM sekaligus ditandai dengan penyerahan pataka. Dengan begitu, akhirnya secara resmi telah mengukuhkan Dr. Ir. Hasudungan Sihombing, M.Si sebagai Ketua KMDT wilayah DKI Jakarta, bersama jajaran pengurus lainnya untuk masa bakti 2021-2026.

Hadir dalam acara itu, Ketua Dewan Pakar KMDT Prof.dr. Otto Hasibuan SH, M.Hum, Ketua KMDT Sumatera Utara Enni Martalena Pasaribu, Ketua Persatuan Artis Batak Indonesia Andi Situmorang dan Ketua Umum MIO Indonesia AYS Prayogie.

Acara juga menjadi spesial dengan kehadiran wagub DKI Jakarta, Ir. H Ahmad Riza Patria, yang didapuk pada organisasi tersebut sebagai Ketua Dewan Penasehat KMDT Provinsi DKI Jakarta.

Acara yang mengusung tema “Provinsi DKI sebagai Corong Wisata Danau Toba” tersebut bertujuan positif. Yakni, menjadikan Kawasan Obyek Wisata Danau Toba, bebas polusi BBM dan juga limbah keramba.

Selain itu, acara tersebut diikuti juga dilakukan secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dan juga Wakil Ketua DPR RI Dr. Azis Syamsudin SH, MH.

Dalam rangkaian kegiatan yang digelar dari pagi hingga petang itu, telah dilaksanakan juga nota kesepahaman (MoU) antara DPW KMDT Provinsi DKI Jakarta dengan Organisasi Media Independen Online Indonesia  (MIO-Indonesia).

Mou tersebut dalam rangka menjalin sinergisitas dua lembaga, terkait publikasi guna menghadirkan keberadaan Wisata Danau Toba paradigma baru, yang  bebas polusi BBM dan bebas limbah keramba ikan.

Dalam sambutannya, Ketua DPW KMDT Provinsi DKI Jakarta, Dr. Ir. Hasudungan Sihombing menegaskan bahwa dengan telah terbentuknya Kepengurusan KMDT di Provinsi DKI diharapkan dapat meningkatkan pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba yang merupakan sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas (New Bali).

“Penetapan 10 destinasi prioritas ini merupakan amanat presiden melalui surat Sekretariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015 tanggal 6 November 2015 perihal arahan Presiden Republik Indonesia mengenai pariwisata dan arahan presiden pada Sidang Kabinet Awal Tahun pada tanggal 4 Januari 2016,” bebernya.

Kehadiran KMDT dan MIO serta bersama berbagai komponen lembaga masyarakat lainnya, diharapkan mampu menjadi jembatan komunikasi antara masyarakat di kawasan Danau Toba dengan pemerintah yang akan menata kawasan tersebut manjadi kawasan destinasi dunia.

Ditempat sama, usai penandatanganan nota kesepakatan, Ketua Umum MIO Indonesia, AYS Prayogie mengatakan, kehadiran DPW KMDT DKI Jakarta menjadi strategis karena berada di wilayah Ibukota Negara, sehingga sangat relevan jika Provinsi DKI dijadikan corong bagi percepatan pembangunan pariwisata Danau Toba.

“Kerja sama dengan MIO pada bidang publikasi ini diharapkan nantinya dapat menghadirkan pemberitaan yang baik, yang bisa mengedukasi masyarakat setempat dalam upaya pengembangan kawasan Danau Toba paradigma baru,” ujar Prayogie yang saat ini tercatat sebagai salah satu pemimpin redaksi media online. (Firm)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook