Pegawai Kecamatan Gunung Putri Diduga Jadi Anggota Parpol

BOGOR, INDONEWS,- Berdasarkan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, Pasal 51 menyatakan bahwa kepala desa dan perangkat desa serta kecamatan dilarang menjadi pengurus partai politik.

Dalam undang-undang tersebut, perangkat desa terdiri dari sekretariat desa, pelaksana kewilayahan dan pelaksana teknis juga dilarang untuk terlibat dalam politik praktis.

Dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, pasal 280 ayat 2 hurup (h), (i), dan (j) yaitu pelaksana dan atau tim kampanye dalam kegiatan kampanye pemilu dilarang mengikutsertakan kepala desa, perangkat desa dan anggota BPD.

UU Nomor 6 tahun 2014 pasal 52 ayat (1) menyatakan, perangkat desa yang melanggar larangan sebagaimana dimaksud dalam pasal 51 dikenai sanksi administratif berupa teguran lisan atau teguran tertulis.

Ayat (2), dalam hal sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dilaksanakan, dilakukan tindakan pemberhentian sementara dan dapat dilanjutkan dengan pemberhentian.

Terkait hal ini, salah satu oknum perangkat kecamatan inisial ZA yang sebelumnya menjadi salah satu staf d isalah satu desa dan sekarang menjadi Kasi Pelayanan Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor diduga menjadi anggota salah satu partai politik.

Terpantau awak media, oknum perngkat kecamatan tersebut hadir mengikuti kegiatan salah satu partai politik beberapa minggu lalu. Oknum tersebut terlihat memakai kostum dan atribut partai tersebut.

Terkait hal ini media mencoba mengkonfirmasi ZA melalui pesan WhatsApp (WA) seputar dirinya yang hadir pada saat kegiatan partai dan memakai kostum partai. Namun ia terkesan menghindar dan tidak menjawab konfirmasi yang dilayangkan hari Selasa (6/4/2021) kemarin.

Awak media kemudian mengkonfirmasi Kasi Aparatur Pemerintah DPMD Kabupaten Bogor, Rudi melalui WA, terkait aturan dan larangan perangkat desa menjadi anggota partai.

Dalam pesan singkatnya, Rudi menyampaikan perangkat desa atau kecamatan tidak boleh terlibat dalam politik praktis. (Firm)

Facebook Comments

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook