Babinsa Koramil 2126/ Klapanunggal Pantau Aksi Unras Warga

BOGOR, INDONEWS,– Ibu-ibu rumah tangga yang merupakan warga Desa Nambo menggelar aksi unjuk rasa (unras) dengan mendatangi Kantor Desa Nambo. Aksi unras terkait dana konpensasi dari PT. Dowa PPLI pada saat terjadinya pencemaran polusi udara.

Aksi itu berlangsung Kamis, 22 April 2021 sekitar jam 10.00 Wib, di Halaman Kantor Desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Aksi lanjutan ibu-ibu diterima langsung Kepala Desa Nambo, Nanang SE. Jumlah peserta unras diperkirakan mencapai 35 orang.

Aksi tersebut untuk meminta penjelasan terkait dana konpensasi dari PT. Dowa PPLI untuk lingkungan Desa Nambo sebesar Rp.310 juta yang sudah turun, namun digunakan untuk belanja fasilitas umum oleh pihak Desa Nambo.

Sebagian warga tidak mengetahui konpensasi dana yang diberikan PT. Dowa PPLI telah cair dan dibelanjakan fasilitas umum oleh Desa Nambo. Hal ini kemudian menjadi permasalahan di warga yang terkena imbas polusi udara PT. Dowa PPLI, karena informasi awal dari pihak desa bahwa PT. Dowa PPLI akan memberikan dana konpensasi kepada tiap KK yang terimbas polusi udara tersebut. Aksi sebelumnya dilakukan pada Rabu, 21 April 2021.

Kades Nambo Nanang menjelaskan, dana konpensasi dari PT. Dowa PPLI, hasil kesepakatan dengan perwakilan tiap-tiap lingkungan disepakati dibelanjakan untuk keperluan masyarakat  atau kepentingan umum, antara lain 1 unit mobil siaga, 18 unit mesin pemotong rumput, 4 unit alat fooging dan 2 tabung oksigen untuk kesehatan di mobil Siaga Desa Nambo.

Namun demikian keterangan dan penjelasan Kades Nambo tidak membuat warga menerimanya. Warga menuntut agar fasilitas yang dibeli pihak Desa Nambo dengan uang konpensasi dijual kembali serta uangnya dibagikan kepada warga terdampak polusi udara.

Kades Nambo, Nanang mengaku akan merealisasikan tuntutan warga, serta akan melakukan rapat kembali dengan para kadus, RW, RT dan perwakilan warga dari tiap tiap RT se Desa Nambo, yang rencananya akan dilaksanakan Jumat tanggal 23 April 2021 di Aula Kantor Desa Nambo.

Disela aksi, Babinsa Desa Nambo Kopda Hendi menyampaikan, warga yang mengikuti unras harus memperhatikan prokes PPKM, terutama wajib pakai masker dan menjaga jarak.

Pukul 10.30 Wib warga atau ibu ibu yang melakukan aksi membubarkan diri dan situasi aman kondusif. (Firm)

Facebook Comments Box

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook