Bara JP Qurban Dua Ekor Sapi, Utje: Idul Adha Momen Bangkit dari Pandemi

JAKARTA, INDONEWS – Setiap tahunnya, Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) selalu berqurban tak kurang dari dua ekor sapi. Tahun ini, Bara JP pun siap berqurban yang merupakan salah satu sunnah yang dilakukan umat Islam di bulan Dzulhijjah.

Panitia pelaksana yang juga Sekretaris Umum (Sekum) DPP BaraJP, H. Qomarudin Mangunjaya mengatakan, daging qurban Bara JP akan dibagikan kepada masyarakat sekitar Markas Besar atau Sekretariat Bara JP.

“Setiap tahun di bulan Dzulhijjah, Bara JP selalu berbagi dengan masyarakat melalui qurban. Dalam pembagian daging qurban, kami melibatkan pengurus masjid Algani Kayu Putih, yang tak jauh dari markas Bara JP,” jelas Qomarudin, Senin (19/7/2021).

Selain itu, imbuh dia, Bara JP akan melanjutkan tradisi yang telah dibangun mendiang Victor Sirait (Ketum Bara JP sebelumnya).

“Setiap tahun beliau (Victor) selalu mengingatkan kami untuk berqurban. Beliau begitu peduli, sehingga tradisi itu akan terus kami lakukan,” tandasnya.

Senada, Plt Ketum BaraJP, Utje Gustaaf Patty mengatakan, berqurban menjadi salah satu kewajiban BaraJP setiap tahunnya.

“Tidak menutup kemungkinan BaraJP di daerah-daerah juga melaksanakan qurban. Intinya kami ingin berbagi dengan masyarakat walaupun saat ini situasinya dalam pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Momen Bangkit

Pada hari raya Idul Adha 1442 Hijrriyah ini, Utje mengajak masyarakat menjadikannya sebagai momentum kebangkitan dari cengkraman wabah corona.

“Mari kita lebih optimis lagi bahwa wabah virus ini segera berakhir. Salah satu caranya dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti aturan pemerintah,” ujarnya.

Utje menuturkan, pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 20 Juli 2021. Sama seperti tahun 2020 lalu, pemerintah meniadakan sholat Idul Adha berjamaah di masjid dan tanah lapang khusus di daerah yang memberlakukan PPKM Darurat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kemudian Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun telah mengeluarkan fatwa panduan pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di masa PPKM Darurat. Dalam fatwa tersebut, MUI mengimbau masyarakat melaksanakan sholat Idul Adha di rumah. Kebijakan ini juga harus kita dukung untuk kebaikan bersama,” pungkasnya. [bint]

Facebook Comments Box

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook