BKM Se-Kota Serang Terima Program Kotaku Melalui Aspirasi

KOTA SERANG, INDONEWS – Sebanyak lima Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kota Serang melakukan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun anggaran 2021 melalui aspirasi dan juga atas dasar perjuangan serta prakarsa  H. Tb. Haerul Jaman. BSc,.SE, Anggota Komisi V DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) II Banten dari Partai Golkar.

Program kotaku tersebut, asing masing BKM dianggarkan mencapai Rp.995 juta. Adapun bentuk pekerjaan sesuai wilayahnya, namun semua BKM hampir merata, yaitu paving block, drainase U-Ditch/dranase batu, pengadaan gerobak sampah,  gapura, RTH, vertical garden, SAB, dan TPT, dengan proses pelaksanaan selama 120 hari kalender.

Tanggapan dari masing-masing koordinator BKM se Kota Serang menyebutkan, yang menjadi  prioritas di masing-masing kelurahan adalah akses jalan yang selama ini menjadi persoalan yang harus diperjuangkan.

Tian Darwis mengatakan, masalah akses terutama yang kondisinya masih benar-benar kumuh karena berdampak pada para pengguna jalan.

“Warga saat akan melewati jalan tersebut menemukan kesulitan, maka jalan ini menjadi salah satu  yang sangat dibutuhkan masyarakat,” ungkapnya.

Akses tersebut, kata Tian, tidak bisa difungsikan alias tidak bisa dilintasi. Namun setelah adanya program Kotaku melalui program aspirasi, saat ini jalan bisa dimanfaatkan dan bisa dilintasi.

“Contohnya di Kp. Kramat. Yang tadinya tertutup kini sudah bisa dilalui, walaupun dalam tahap pengerjaan,” terang Tian.

Berkaitan program dengan Kotaku tersebut, Koordinator BKM Singandaru Saybulu RW 07 meliputi tiga RT, yaitu RT 01, 04, 05, Kelurahan Serang, Jaenal Abidin menyampaikan terima kasih kepada H. TB. Harul Jaman yang telah memperjuangkan program Kotaku, sehingga masyarakat bisa menikmati dengan baik.

“Jalan yang dulu becek, kini bersih. Bahkan bisa mendorong ekonomi warga. Saya berharap ketika pekerjaan ini sudah selesai, masyarakat harus siap dan bisa merawatnya. Jangan sampai dibiarkan atau kumuh lagi,” ungkapnya.

Adapun BKM yang telah menerima bantuan program Kotaku dari aspirasi tersebut antara lain BKM  Mandiri Jaya Kel. Sukajaya (Koord Tian Darwis), BKM  Jaya Mandiri Kel. Banjarsari (Koord. Romlan), BKM Amanat Warga Kel. Sumurpecung (Koord. Mahfud), BKM Anugerah Santosa Kel. Margaluyu (Koord Umar) dan BKM Singandaru Kel. Serang dengan Koordinator Jaenal Abidin SH.

Koordinator Amanat Warga, Mahfud dan Koordinator Anugerah Santosa, Umar mengucapkan terima kasih atas perjuangan TB. H Hairul Jaman sehingga program Kotaku bisa terealisasikan terutama bagi wilayah yang masih kumuh, kini disulap menjadi lingkungan bersih, indah dan nyaman.

Sementara Koordinator BKM Jaya Mandiri, Romlan mengharapkan program Kotaku melalui program aspirasi tetap berlanjut, terutama untuk drainase U-Ditch

“Di Kp. Cidadap mayoritas pengusaha tempe. Alhmdulillah berkat Kotaku sekarang seluruh limbah tersebut sudah terarah dengan normal melalui saluran drainae U-Ditch,” kata Romlan.

“Atas nama BKM se Kota Serang, diharapkan dari mulai sisi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga pertanggung jawaban semoga kondusif dan lancer. Tidaa ada suatu hal yang  tidak dinginkan. Karena program ini sekecil apapun perlu adanya pertanggungjawaban,” pungkasnya. (tim)

Facebook Comments Box

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook