Ketua MPC PP Bogor: Hari Kesaktian Pancasila, Momen Meningkatkan Jiwa Nasionalisme

BOGOR, INDONEWS – Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967. Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S/PKI.

“Dimana diketahui pada peristiwa 30S/PKI, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai sekelompok orang yang menurut otoritas militer saat itu Partai Komunis Indonesia. Gejolak yang timbul akibat G30S/PKI sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia, sehingga dinamakan Hari Kesaktian Pancasila,” ucap Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor, M. Yunus PBA, Kamis (1/10/2020).

Pada momen Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, Yunus mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengingat pentingnya ideologi Pancasila bagi bangsa Indonesia.

“Kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai yang tertuang dalam Pancasila, yang merupakan falsafah bangsa Indonesia. Kemudian jadikan momen ini sebagai pemersatu bangsa. Terlebih kita akan menghadapi Pilkada. Meski beda pilihan, namun kita semua sama, satu Indonesia. Satu bangsa satu tanah air,” ujar Yunus.

Selain itu, sambung dia, Hari Kesaktian Pancasila sejatinya menjadi momen untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Sebagai generasi penerus bangsa, ucap Yunus, Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor akan terus memegang teguh ideologi Pancasila hingga akhir hayat.

“Kita juga mengingatkan generasi bangsa, khususnya para pelajar dan mahasiswa untuk tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga untuk Indonesia. Kini kita tinggal melanjutkan perjuangan-perjuangan mereka dan menjaga ideologi Pancasila. Kami secara tegas menolak paham-paham yang berseberangan dengan Pancasila seperti komunisme, radikalisme dan paham lain yang mengancam kedaulatan negara,” pungkasnya. (bon)

Facebook Comments Box

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook