Listrik Jabodetabek Padam, Menteri BUMN Turun Memantau

Ilustrasi mati lampu

JAKARTA, INDONEWS – Padamnya jaringan listrik di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada Minggu (1/11), sekitar pukul 13.00 Wib, mengakibatkan internet terganggu.

Padamnya internet membuat penggunanya ramai-ramai mengeluhkan masalah ini lewat platform Twitter. Mereka mengeluh jaringan internet baik milik Telkom, XL dan Indosat tidak bisa diakses karena menghambat aktivitas sehari-harinya.

Dikutip dari Sindonews.com, ada beragam penyebab jaringan internet di Indonesia kerap mengalami gangguan. Misalnya, operation center milik operator mengalami pemadaman listrik sehingga tidak bisa memberikan konektivitas.

Selain itu, Indonesia juga memiliki internet exchange. Ketika jaringan ke internet exchange terputus, maka bisa menimbulkan masalah pada akses internet.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi mengatakan, kejadian mati lampu akibat Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV terganggu akibat hujan deras disertai sambaran petir.

“Hujan deras disertai petir yang terjadi di daerah Jakarta dan sekitarnya, menyebabkan sejumlah SUTET 500 KV mengalami gangguan pada pukul 12.58 WIB,” katanya, Minggu (1/10/2020).

Beberapa Sutet yang mengalami gangguan tersebar di beberapa di daerah, di antaranya Sutet Muara Tawar (Cibatu) Sutet Depok-Cibinong, Sutet Cawang -Muara Tawar, dan Sutet Bekasi Tambun. PLN terus berupa keras mengatasi gangguan tersebut sehingga beberapa daerah sudah mulai kembali teraliri listrik, seperti Cawang, Duren Tiga, Mampang, Danayasa, SCBD, Kemang, Ancol, Angke, dan Setiabudi.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan mendadak ke kantor PLN untuk meninjau langsung aktivitas di sana terkait padam atau matinya listrik (black out) yang terjadi di sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Dalam kunjungan itu tampak terlihat Erick tengah melihat peta-peta wilayah yang terdampak. Menteri Erick juga tampak berbincang-bincang dengan sejumlah karyawan. (and)

Facebook Comments Box

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook