Pimred Info Desaku Bantah Wartawannya “Minta Jatah” Dana P3-TGAI

BOGOR, INDONEWS – Sejumlah kepala desa dan pengurus Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) yang menerima Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di wilayah Bogor Timur mengaku resah dengan adanya oknum wartawan yang ‘meminta jatah’ dana bantuan tersebut dengan alasan ikut berperan dengan melicinkan agar masyarakat menerima bantuan itu.

BERITA TERKAIT: Oknum Wartawan Diduga Minta Imbalan Usulkan Proyek Irigasi P3-TGAI

Kades dan pengurus P3A mengaku oknum wartawan berinisial E meminta jatah dengan alas an telah membantu mengusulkan program pembangunan jaringan irigasi P3A, dan sudah sepakat memberi imbalan sekaligus untuk koordinasi dengan wartawan lain.

“Untuk koordinasi degan wartawan sudah sekalian sama E, karena dia kan ikut bantu usulkan program, ya kita ada sebagai tanda ucapan terima kasih,” ungkap kades yang meminta tidak disebut namanya.

Kepala desa lainnya, mengaku bingung karena diminta imbal jasa usulan program P3-TGAI. Padahal ia tidak merasa ada komitmen dan tidak merasa dibantu untuk kelancaran usulan proyek irigasi P3A di desanya.

“Saya kaget juga diminta uang imbal jasa, katanya ikut membantu usulan proyek irigasi P3A. Sedangkan saat mengajukan usulan tidak ada komitmen apa-apa,” kata kades tersebut.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi Info Desaku, Suryani membantah bahwa wartawannya, E telah meminta jatah atas dana P3-TGAI.

“Saya akan kirim hak jawab karena ini sudah pencemaran nama baik. Berita itu tidak benar. Tapi kan covas dari media lain,” ujar Suryani, saat dihubungi melalui pesan WhatsAppnya (WA), belum lama ini.

Dalam sambungan WA, Yani mengungkapkan akan menggunakan jasa lawyer untuk menempuh hak jawab.

“Terima kasih, akan saya jawab melalui lawyer saya,” tukasnya.

Sebelumnya, media yang memberitakan dugaan tersebut tidak menulis bahwa E merupakan dari media Info Desaku. Setelah berita itu tayang di sejumlah media, Yani meresponnya dan menyebut bahwa media Info Desaku milinya.

Atas kasus ini, beberapa kepala desa meminta agar mendapat perlindungan sehingga dalam mengalokasikan P3-TGAI tidak dirongrong pihak manapun yang ingin mencari keuntungan pribadi.

“Bantuan ini kan amanah dari pemerintah untuk rakyat. Semua ada mekanismenya. Jadi enggak perlu lah jika ada oknum mengaku wartawan minta jatah karena telah berperan,” ujar kades tersebut.

Jika benar E adalah wartawan, ia pun meminta agar media tempat E bernaung bersikap professional dengan tidak membela E jika dia salah.

“Citra wartawan, marwah wartawan kan harus dijaga. Adapun jika ada kenalakan oknum wartawan seperti E, dan pimpinannya tahu, tolong enggak usah gengsi. Kalau salah ya salah, tegur saja. Jangan sampai media tersebut justru nama baiknya menjadi jelek akibat membela yang salah,” pungkas dia.

Di kesempatan lain, Suryani mengirimkan keterangan tertulis kepada redaksi Indonews. Berikut Isinya:

Kepada YTH. Sdr. Firman

Dewan Redaksi  Indonews

Ditempt.

Assalamualaikum

Dengan Hormat.

Menanggapi dan menjawab konfirmasi dan sekaligus klarifilasi Saudara rekan, kami telah membaca dan meneliti secara seksama keseluruhan konfirmasi yang  anda sampaikan, dapat disampaikan hal-hal sebagai berikut :

1.> Izin kan kami konfirmasi

Terkait pemberitaan kami sebelumnya dengan judul: “Oknum Wartawan Diduga Minta Imbalan Usulkan Proyek Irigasi P3-TGAI”, kami perlu sampaikan bahwa dalam berita tersebut tidak ditulis nama media. Dan wartawannya pun kami tulis dengan inisia E (satu huruf).

Namun kami sangat menghormati respon ibu yang diduga merupakan pimred E tersebut, 

“bahwa benar saya adalah Pimpinan Rekasi Infodesaku, dan terkait dengan pemberitan media Saudara maksud, saya tidak.pernah sama sekali memberikan respon  kepada wartawan Saudara  dan atau  ke redaksi secara resmi mengingat kami memahami adanya pemakaian inisial dan media kami tidak pernah terlibat secara  langsung terhadap pembangunan maupun pengelelolaan dana proyek  P3-TGAI”

  1. >1.Bagaimana tanggapan Anda dengan adanya dugaan wartawan Info Desaku terlibat dalam dugaan ‘minta imbalan’ proyek P3-TGAI tersebut?

“Didalam berita tidak sama sekali menyebuykan wartawan Infodesaku,  jadi tidak ada yang harus kami tanggapi dan kita tidak bisa berandai-andai”

3.>2.Mohon jelaskan agar diketahui masyarakat termasuk kepala desa bahwa wartawan Anda tidak meminta imbalan. “Sejauh yang kami ketahui bahwa benar tidak ada wartawan dari infodesaku  yang telah  memeinta imbalan dana pada proyek Saudara maksud,

 “Silahkan media Sauadara melakukan cek and ricek kembali ke lapangan dan nara sumber terkait”

4.>3.Beberapa kepala desa mengakui telah dimintai sejumlah uang atas P3TGAI oleh E. Bagaimana tanggapan Anda?

“Berdasarkan hasil penelesuruan  keredaksian Infodesaku  di lapangan dan kepada narasumber terkait, tidak satupun adanya fakta atau keterangan yang kami dapat bahwa diduga ada wartawan Infodesaku dan atau  wartawan berinisal E yang meminta imbalan dana  tersebut”

5.>4.Jika benar E wartawan Info Desaku, terbukti meminta imbalan, apa yang akan dilakukan manajemen keredaksian.

“kami tidak ingin berandai-andai yang sifatnya kemudian hanya akan membuat asumsi-asumsi liar yang tidak berdasar. Namun sangat jelas peraturan yang di berlakukan di redaksi Infodesaku, bahwa Infodesaku tidak akan mentolerir segala.macam dari bentuk-bentuk perilaku jurnalis yang keluar dari kaidah-kaidah serta norma-norma etika, aturan dan perturan perundang-undangan”

Menanggapi pertanyaan saudara kami pimpinan redaksi infodesaku meminta saudara selaku dewan redaksi siap mempertanggung jawabkan jika wartawan kami tidak terbukti melakukan seperti yang saudara sampaikan.

  1. Bahwa dengan komfirmasi saudara ini, apakah dapat Sauadara memberikan kepastian kepada kami, wartawan berinisial E pada pemberitan adalah wartawan media kami ?

2.Dan tolong d pertegas nama lengkapnya  ?

3.Dan jika tidak terbukti bahwa wartawan infodesaku  berinisial E tidak terbukti melakukan seperti yang saudara sampaikan dalam pemberitaan tersebut, apakah saudara bersedia mempertanggung jawabkan tuduhan saudara tersebut?

Demikian jawaban atas konfirmasi yang saudara sampaikan

Salam Hormat

19/7/2021

Saryani

Pimred  Infodesaku.

Keterangan tertulis tersebut juga dikirim kepada Pimpinan Redaksi Indonews. (firm)

Facebook Comments Box

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Facebook